Pengobatan Hepatitis B

Penderita Hepatitis B biasanya kondisi tubuhnya menurun dan sulit untuk makan, maka langkah pertama dalam pengobatan adalah penderita harus memaksa diri mereka untuk makan makanan bergizi.

Sedangkan langkah medis yang pertama adalah opname di rumah sakit, istirahat total dan pemberian obat penurun panas dan anti mual. Jika, hepatitis B sudah kronis, maka dokter akan memberikan suntikan interferon alfa dan interferon beta. Suntikan ini akan mematikan virus pada hati. Namun, obat ini memiliki efek samping seperti badan mengigil, pegal linu, tidak nafsu makan sampai gangguan jiwa.

Pengobatan lewat suntikan ini berlangsung selama 6 bulan dengan biaya 2-3 juta sekali suntik.

Cara pengobatan lain adalah dengan tablet yang diminum setiap hari, yaitu Lamivudin, Hepsera, Atikavir dan Telbivudin. Waktu pengobatan dengan tablet membutuhkan waktu satu tahun penuh dengan biaya yang lebih murah.

Setelah melalui tahapan pengobatan, penderita Hepatitis B tetap harus melakukan cek kesehatan hati mereka setiap 6 bulan secara rutin.

About these ads

54 Respons to “Pengobatan Hepatitis B”

  1. melilea Says:

    nice artikel….
    thanks ya infonya…
    sangat bermanfaat

  2. melilea Says:

    nice artikel…
    thanks ya atas infonya….
    sangat bermanfaat…

  3. amf Says:

    Pls info u/ obat herbal bagi penderita hepatitis B, dan perawatannya ?

    • wwn Says:

      ada g kmungknan untuk smbuh para penderita hepatitis B
      klo ada apa obatnya?????????

      • Yolanda Says:

        Saya trdeteksi trkena hepatitis B,saya sempat shock wktu doktr mngharuskn cek up rutin.ap pnyakit saya bsa smbuh?ap seumur hdp saya hrs mnm obat?saya sngt bth jwbn anda..smoga Tuhan mmbls smua kbaikn anda.mksh

  4. purnama sari Says:

    tolong kasi solusinya serta cara pengobatan hepatitis b yang betul-betul manjur tolong aku sangat butuh pengobatannya

    • Lailanor Effendi Says:

      akan sangat baik kalo pengobatan Hep B harus melalui pengawasan Dokter Internist khusus hati. aku jg pengidap Hep BB sejak 1999, tp berdasarkan hasil DNA virusnya sdh ydk terdeteksi lg, aku di kasih Dokter obat Baraclude yang harganya 2jt perbulan selama setahun lebih. enjoy sj mbak, jgn terlalu dikhawatirkan, beraktifitaslah spt biasa, dan yg lebih penting dekatkan lg kepadaNYA, ikuti acara ustadz Danu di TPI.

      • amel Says:

        pengobatannya kan sangat mahal,selain itu ga menjamin akan sembuh. kasihan kan orang yang ga mampu.

      • darma Says:

        Mohon infonya pak. Apakah bapak sampai saat ini masih pakai baraclude? Tolong share pak hasilnya untuk saat ini apakah sudah sembuh total?

  5. friky Says:

    bagaimana pengobatan, agar hepatitis saya, hiang dari tubuh saya? bissa g, peke cara tradisional

  6. julipardiansyah Says:

    saya mohon bantuannya… pacar saya perempuan usia (25th) bebrapa waktu lalu check up dan ternyata positif hepatitis dan HBV DNA nya 27,0 kira2 ada peluang untuk sembuh ngga ya????? tolong jawabannya ya…… semenjak kita tau hasil check up tsb dan membaca artikel2 tentang hepatitis saya pesimis pacar saya bisa sembuh…. kirim ke email saya aja jawabannya
    terimakasih

    • Lailanor Effendi Says:

      Sejak 1999 aku mengidap Hep B, oleh Dokter di kasih obat TC3, kemudian diganti lg dgn Hepsara, akhir 2005 virus tdk terdeteksi lg berdasarkan hasil DNA. Kemudian akhir 2006 aku chek lg di Prodia HBeAg (+) lg, anti HBe (-). Oleh Dokter di kasih lg obat Baraclude 0,5mg hasilnya di akhir 2007 HBeAg (-). Tp di awal 2008 kembali (+), terus sama Dokter di kasih lg obat Barackude 1mg, akhir 2009, virus tdk terdeteksi lg sesuai hasil lab DNA. obat2 diatas harganya mahal (mohon maaf), 1 bulan aku butuhkan biaya 2jt. Skrg aku blm chek lg, apa kembali lg atau benar2 sembuh.

      • yuli Says:

        kenapa tidak dicek kembali??
        saya ingin tahu apa baraclude itu berfungsi atau tidak.
        mohon dibalas…..
        apa kamu minum suplement tambahan tidak???
        trima kasih sebelumnya

      • lydia Says:

        Sy ingin tahu kondisi nya sekrg bgmn? Apakah masih minum obat baraclude? Tolong info nya terima kasih

  7. ajie Says:

    Saya diduga trdeteksi trkena hepatitis B, harus kedokter spesialis apa saya harus meriksakan, dan obat apa yang dapat menyembuhkan

    • Lailanor Effendi Says:

      ke Dokter Internist khusus hati. kalo akau kmrn di kasih obat Baraclude 1mg, hasilnya virus tdk terdeteksi lg, tp bukan berarti HBsAg (-). kata Dokter virus tersebut tdk akan hilang, cuma dinonaktifkan saja.

  8. Darma Says:

    Banyak artikel sudah saya baca, suntikan interferon tidak bisa mematikan virus HBV. Jika bisa, sudah banyak pengindap HBV terselamatkan.

    Bagi penderita Hepatitis B sebaiknya mengikuti pola hidup sehat. Apalagi bagi yang masih usia muda, usahakan cari makanan yang dapat meningkat immune tubuh. Dengan meningkat immune tubuh, moga-moga hepatitis B virus bisa mati, meski menurut ilmu kedokteran katanya tidak bisa di matikan virusnya jika sudah kronik sampai saat ini.

  9. agung Says:

    ada yg tau ga cara pengobaatan hepatitis B yg bs cepet sekitar 2 minggu? saya mau keluar negeri,tp terhambat dengan penyakit itu..tolong bngt ya…bs hub saya di (021)99933641
    thank’s

    • Lailanor Effendi Says:

      sulit Pak Agung secepat itu. saya berobat rutin memerlukan waktu tahunan hingga HBeAg (-), itu juga sering bolak balik (kambuh lg). Saya di kasih Dokter obat Baraclude.

  10. idris Hole Says:

    saya punya teman yang kena penyakit hepatitis B, bagimana cara pengobatannya. ia sudah divonis akut, apa yang bisa dibuat untuk membantunya agar tidak depresi dan strees. tolong, karena saya sudah tak sanggup meyakinkannya akan hidup ini…

    • Lailanor Effendi Says:

      Tlg bilang sama temannya bpk, agar enjoy saja, jgn terlalu merasa dikhawatir, yg penting berobat secara rutin dan lebih dekat lg dengan Allah Swt. Saya sejak 1999 mengidap Hep B, tp saya nikmati sj, dan sy anggap Allah Swt sayang sama sy. dgn Hep B itu sy ternyata dpt lebih dekat lg denganNYA. Beraktifitaslah spt biasa, sy seminggu sekali jogging 5Km, main tenis 2 kali seminggu, kerja di kantor tdk mengalami hambatan.

  11. Yuli Says:

    saya dan suami saya HBsAg + berarti terkena hepatitis B.
    saya mau tanya apa sih gejala dari penyakit hepatitis B?salah satunya apakah badan merasa lemas dan pengennya tidur meluluh?dan apakah hepatitis B bisa menurun ke anak2 kita (waktu melahirkan kedua anak saya, anak saya langsung disuntik vaksin hepatitis B).
    Kita pernah konsultasi ke spesialis hepatitis B dokter dari China (semacam sinshe) dan katanya belum ada obat yg bisa menyembuhkan penyakit ini tapi akan lebih baik jika diobatin sejak dini dan cara pengobatannya mahal dengan minimal 3 paket (4jt/paket dan 1paket untuk 1 bulan).yang mau saya tanyakan tepatnya ke dokter mana kita harus berobat?terima kasih

  12. ermy wardiningrum Says:

    sy kdg pesimis peny hepatitis b sy bs sembuh,melihat betapa mahal obatnya.sy mau tanya apakah ada obat hep b yg murah n menyembuhkan,cz melihat jg byk iklan obat hep b.mohon solusinya.thx

  13. merry Says:

    saya pernah terserang penyakit Hepatitis B,samapi sekarang masih terasa kadang2 suka lelah apa itu masih gejalanya ya?
    dan apakah dapat sembuh total?walaupun sekarang saya sudah tidak pernah cek lagi ke dokter.apa saya hrus melakukan cek darah lagi
    Terima Kasih
    merry,

  14. Eka putri Says:

    Saya juga sedang berusaha melawan hepatis B,sampai saya bosan bolak balik k dokter,tp hasilx ttp HbSag nya tinggi. Saya takut menularkan ke org2 yg saya cintai,adakah solusinya??

  15. richie Says:

    Saya juga positif hep b kronis aktif… saya dapat banyak sekali info dr internet: minum aja rebusan 1x temulawak yg udah diiris2, direbus dari 2 gelas hingga tersisa 1 gelas (pagi ama sore), juga rajin mengkonsumsi herbal gamat 2x sehari (pagi sore)…

  16. vira Says:

    sejak di vonis terkena heptts B pd tgl 26 juli 2010
    rasanya saya ingin mati saja,,karna saya takut,,,stress bgt…
    padahal tgl11 november 2011 saya mau nikah,,,tapi untung saja calon saya bisa menerima saya apa ada nya,,,

    yg saya tnyakan apakah saya bisa sembuh…??
    dan obat alternatif apa yg bisa menyembuhkan penyakit itu??

    mohon informasinya saya benar2 stres bgt….

  17. hendrybdg87 Says:

    Kawan-kawan, Jeli gamat dapat membantu. Saya mendapat artikel ini dari Trubus. Silahkan berkunjung ke blog saya di http://hendrybdg87.wordpress.com/2010/10/13/virus-hepatitis-itu-telah-hilang/. Kebetulan saya juga menjadi distributor resmi dari produk jeli gamat luxor.

  18. ain Says:

    mungkin boley cube cara tradisional,@ membuat tempahan jeli gamat(*gold-g*) munkin itu baik untuk penyembuhan hp B

  19. Pipit Says:

    saya mau tanya kira-kira berapa lama pengobatan untuk penyakit hepatitis b??
    saya sudah mengkonsumsi obat yang mengandung telbivudon slama 1bln tp msh ttp tinggi. akhirnya saya berhenti meminum obt itu krn obatnya trlalu mahal. ada gak obat yang bisa mempercepat penyembuhannya??

    kalau obat tradisional ada gak yang bisa mempercepat penyembuhannya??

    Kemungkinan bisa sembuh gak??

    saya ingin cepat bekerja kembali sebab sejak saya mengetahui HBsAg saya postiif, saya berhenti bekerja. karena saya tidak ingin menularkan ke orang lain.

    Tolong informasi yang selengkap2nya…
    Terima kasih..

    • ajoens Says:

      mba, sy juga minum obat gol Telbivudine, nama dagangnya Sebivo. Sdh 2 th sy konsumsi, namun resistensinya tetap ada, dan skrg bingung mau pake obat apa lagi.

  20. drick Says:

    Terima kasih semuanya atas diskusinya… kira2 awal tahun kemaren saya difonis kena hepatitis B, awalnya rutin donor darah setiap 3 bulan, dan waktu mau donor berikutnya disarankan untuk tidak donor dan disuruh check up ke dokter (dan diketahui terjangkit).. sempat stresss juga sich… terutama ada beberapa teman kerja yang mengetahui dan sempat mengisolir diri dari saya… setiap 3 bulan saya check up ke dokter dan katanya firusnya ada di dalah hati saya, cuman gk nyebar dan belum berbahaya… dan waktu saya minta obat untuk membunuh virusnya, dokternya bilang tidak perlu, hanya di kasih multi vitamin untuk daya tahan tubuh… sampai sekarang saya masih beraktifitas seperti biasa, hanya kadang-kadang merasa takut kalau orang-orang yang ada di dekat saya sampai tertular…. semoga Tuhan memberi yang terbaik untuk anda dan saya dan orang2 yang ada disekitar kita….

  21. Budi Cahyono Says:

    saya mohon copy dan akan printa aou untuk teman saya, terima kasih atas kebaikannya.

  22. Suryadi Says:

    Saya penderita hep b, sejak tahun 2004 saya khilangan smuanya karena pnyakit ini, ibu dan kakak saya jg meninggal karena hep b, saya sudah bosan bolak balik r.s. Saya hnya minum rebusan temu lawak saja

  23. Ibonk Says:

    Saya pnderita hepatitis b hnya ingin sheering dgn tman” di forum ini sejak 2004 dan minimnya informasi tentang hepatitis b,, mmbuat saya trjangkit.. Padahal anggota kluarga saya sudah terkena bahkan sudah meninggal dunia karena hepatitis yg mnjadi kanker hati ,sharusnya saya di vaksin hepatitis b wktu itu,,tp allhamdulillah nyawa saya terselamatkan krna terdiagnosis lbih awal wktu priksa darah yg awalnya hnya terkena demam berdarah,,saya mnjalani pengobatan dokter kira” 4thun,karena tdk ada obat yg hasilnya signifikan akhirnya saya berserah diri hnya minum obat tradisional temulawak,, allhamdullilah saya merasa lbih baik wlaupun dlm jngka waktu lama.. Wlau kadang badan terasa lemah kalau tidur larut malam.. Mungkin ddunia ini saya tdk bsa menikmati masa muda saya dgn indah,,tp saya yakin ada hikmah yg Tuhan ingin berikan utk saya,, ttap optimis..dan jgn terpaku dgn penyakit ini,, nikmati saja hidup ini dgn senyum..

  24. untung darmawan Says:

    semangat ya buat kalian yang terjangkit hepatitis B pacarku juga terjangkit hepatitis B tetapi setelah saya baca dari internet ciri2nya seperti hepatitis A, tolong beri solusi yang tepat agar penyakit ini bisa disembuhkan

  25. iwan Says:

    kalo kita nikah terus kita punya anak, apakah anak kita terjangkit jga?? saya jdi menjauhi org yang saya cintai, krn saya takut dia akan tertular, setiap kali saya mendekati wanita yg saya sukai saya teringat akan penyakit ini, saya takut dia akan tertular, yang saya fikirkan setiap kali mungkin orang yang saya cintai itu lbh pantas dengan org lai.. hal ini membuat saya stress.. sudah 5 thn saya begini.. rasanya sakit, terbebani jiwa saya.. apa solusi tmn2 buat masalah saya??

    • iwan s Says:

      ada kok obatnya….klo lewat dokter sy di ksh obat 3 tc hbv….tp bukan menyembuhkan ,,,akhir nya sy sembuh secara total dan dokter pun mengatakan sy sembuh total setelah berobat alternative di daerah cisarua bogor…cm 2x pengobatan,,,wkt itu sekitar 500rb biaya nya berobat dan hanya 2x pengobatab sy sdh sembuh

  26. masrur Says:

    hallo..tmen2 smua.
    Q trmasuk 1 d antara yg trkena hepatitis b,n pengeny bs cpet sembuh.
    Yg jd mslh adlh q mrasa agak bingung jg dg ad bnyakny promosi obat herbal utk hepatitis.semua bilng bgus.gmn ya cra nntuin mau pake yg mna yg bner2 bgus utk d konsumsi?

  27. theo Says:

    kok kayaknya g ada obatnya ya????

    • iwan s Says:

      ada kok obatnya….klo lewat dokter sy di ksh obat 3 tc hbv….tp bukan menyembuhkan ,,,akhir nya sy sembuh secara total dan dokter pun mengatakan sy sembuh total setelah berobat alternative di daerah cisarua bogor…cm 2x pengobatan,,,wkt itu sekitar 500rb biaya nya berobat dan hanya 2x pengobatab sy sdh sembuh

  28. iwan s Says:

    lakukan dan hasil nya bagus serta normal .sgot dan sgt normal serta cek darah lengkap seprti albumin,globulin,protein total alp,bilirubin hasil nya normal….saat sy sakit pd tahun 2002,dan akhr nya sy memilih pengobatan lewar altrnetive didaerah cisarua bogor…alhamdullilah hingga saat ini keadaan hati dan dan o.rgan yg lainnya normal.
    ini hasil cek darah saya lengkap tentang fungsi hati…
    protein lengkap 8.2
    albumin 5.0
    globulin 3.2
    bilirubin total 0.50
    sgot 15
    sgpt 22
    alkali phosphatase 61
    dan utk cek yg lainnya kata dokter tdk perlu krn normal semua ny…..

    • iwan s Says:

      itu hasil cek darah lengkap saya pd tgl 09 mei 2012,,,,dan jg hasil usg whole abdomen kesan hasil usg dalam batas normal.hasil usg hati;tdk membesar ,permukaan rata,sudut tajam ,densitasecho normal…hasil usg tgl 11 mei 2012…disamping itu perbanyaklah berdoa dan berzikir jgn tinggal sholat 5 wkt ,krn pd dasar nya allah yg menyembuhkan,,,,,

      • iwan s Says:

        semoga bagi teman2 yg mengidap penyakit hepatitis b yg pernah sy alami dan rasakan cpt allah sembuhkan
        oiyaa…sy hanya 2 x berobat dan hasil nya sangat memuaskan hbsag pun hasil nya negative …alhamdullilah ku ucapkan hanya utk allah swt yg memberikan aku petunjuk dan jalan keluar dr penyakit hepatitis b sy…..

  29. iwan s Says:

    sy baru cek lagi hasil serologi darah untuk HBSAG sy di rsal mintoharjo,alhamdulilah hasil nya NEGATIVE

    • agus purwanto Says:

      tolong mas Iwan, anak saya juga baru ketahuan HBSaG nya sampai 20 dari nilai rujukan 0.13, positif Hepatitis B, Cisarua mana, siapa atau apa nama tempat pengobatannya? mohon dibantu untuk kesembuhan anak saya, terima kasih

    • ratna Says:

      minta alamat lengkapnya yah pa’,,pengobatan yang di cisarua itu..trimakasih..

    • Aini Says:

      Bisa saya minta alamat pengobatan alternatif yg bapak kunjungi tuk berobat? Atas jawabannya saya ucapkan terimakasih

    • dhika200611161dhika Says:

      mas iwan mohon sekiranya bs memberitahu alamat lengkap di cisarua tersebut.. terimakasih sebelumnya smoga info mas bermaanfaat bagi qt smw. dan alloh membalas beribu kebaikan untuk mas,, terimakasih. jajakalloh khoiron kashiron

  30. anto Says:

    bagaimana dengan penderita hep c

  31. rabdhi Says:

    coba baca disini http://www.totalkesehatananda.com/hepatitisb11.html ,saya juga +HbsAg dari tahun1993,tapi saya tetap menjalani kehidupan saya secara normal ,dan 3 anak saya semuanya negatif.

  32. pengobatan hepatitis b Says:

    I\’m interest with your topic, I think I will always follow your website, Oh ya..I want to share good article about health, hopefully will help the

    other person, just coming to my website at :
    4lifetransferfactorku.com
    pengobatan hepatitis b,
    obat hepatitis

  33. achmad solikin Says:

    Udah ada belom obat hepatitis b yg dapat mnembuhkan hinga negatif


Tinggalkan Jawapan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Tukar )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Tukar )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Tukar )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Tukar )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: