Mengenal Gejala dan Pengobatan Toksoplasma

Hydrochepalus atau kelainan pada bayi dengan kepala yang besar adalah salah satu kelainan yang diakibatkan oleh serangan toksoplasma pada bayi ketika masih dalam kandungan sang ibu. Toksoplasma disebabkan oleh Toksoplasma gondii, hewan bersel satu yang jika menyerang ibu hamil akan menyebabkan keguguran ataupun kelainan pada janin.

Gejala-gejala penyakit toksoplasma tidak terlihat jelas pada penderitanya. Namun, sejumlah tanda umum serangan toksoplasma diantaranya adalah pembesaran kelenjar limfa dan bagian tubuh yang kerap terserang adalah kelenjar limfa di leher yang disertai dengan peningkatan suhu tubuh. Selain itu gejala-gejala toksoplasma akut adalah kejang leher, sakit otot, sakit sendi, ruam pada kulit dan hepatitis.

Untuk mengetahui secara dini serangan toksoplasma dengan tepat adalah lewat pemeriksaan darah, yaitu tes TORCH. Tes TORCH biasanya dapat dilakukan per paket dan diambil hanya tes toksoplasma saja. Biaya yang dikenakan untuk satu jenis tes berkisar 150 ribu rupiah.

Selanjutnya setelah gejala toksoplasma dideteksi yang ditandai dengan kadar imunoglobin M atau imunoglobin G dalam darah, dokter akan melakukan pengobatan dengan memberikan antibiotik jika imunoglobin M sudah berada pada kadar tinggi.

Pengobatan toksoplasma yang dapat dilakukan pada ibu hamil tergantung dari serangn toksoplasma yang terjadi. Untuk serangan toksoplasma yang belum sampai ke janin adalah dengan pemberian tablet spiramycin. Jika janin sudah terinfeksi toksoplasma maka akan diberikan pyrimethamine dan sulfadiazine. Ibu hamil harus mengkonsumsi obat ini sampai melahirkan untuk menghindarkan serangan pada organ yang belum terinfeksi.

Selain dengan pemberian obat-obatan, ibu hamil juga harus menjalani pemeriksaan ultrasonografi secara berulang untuk memonitor kelainan pada janin.

About these ads

44 Respons to “Mengenal Gejala dan Pengobatan Toksoplasma”

  1. Imran Says:

    saya dirumah memelihara 2 ekor kucing… tapi secar a rutin sdh diperiksakan ke dokter hewan… apakah memelihara kucing sangat berpotensi utk tertular toksoplasma

  2. Iedah Says:

    Dirumah saya tidak memelihara hewan apapun……
    sudah 2 kali saya mengalami keguguran di usia kehamilan 11 minggu
    apakah ada hubungannya dengan tokso plasma?

    • uci Says:

      saya ingin berbagi pengalaman saja. saya jg tidak memelihara kucing,tp saya terkena torch(walaupun sy sndri blm periksa lab), krn anak saya pertama keguguran di usia kandungan 2 bln, tdk berselang lama saya hamil lagi, anak saya yg kedua trnyt terkena virus tokso dan menderita hidrocepallus( padahal saya sdh usg,walaupun tdk 4 dimensi,tp entah kenapa dokter tdk memberitahu).kita mengetahuinya setelah anak saya lahir(caecar).skrg anak saya telah berumur 4,3 tahun. yang terpenting, jika kita mengetahuinya, secepat mungkin kita bertindak. kalau kejadiannya seperti saya, dimana anak telah lahir, secepatnya untuk ct scan & operasi pemasangan selang di kepala ( untuk pengeluaran cairan di kepala ), kemudian rutin kontrol dokter syaraf,anak & tumbuk kembang anak. selain itu juga terapi,karena untuk mengejar ketertinggalan untuk belajar jalan,bicara. dan aktif mencari tahu info2 ttg pertumbuhan anak.jangan pernah menyerah, selalu berusaha & berdoa. dan Puji Tuhan,sekarang anak saya mulai bicara(pemahaman ada) & bisa berjalan bebrapa langkah. karena anak adalah anugerah. apapun itu pasti itu yang terbaik dari Nya untuk kita.

      • Pujiyanti Says:

        Bunda. Saya lahiran anak kembar , lahir prematur. Dari hamil smpe lahir blm ketahuan hidrosefalus. Lahir senin. 6agst 2012.
        Perlu ingkubator, akhir nya Masuk RSMC 6agst2012
        Resya meninggal sabtu,25agst2012(03:55pg) usia 19hari.
        Rasya baru ketauan hidrosefalus usia 56hari. Rasya pindah RSAL sabtu,29sep2012
        Operasi pertama, jumat’5okt2012.
        Rasya Meninggal jumat’12 okt 2012(16:15sore).sblm operasi ke 2, msih tersumbat selangnya.
        Usia : 66hari(2bln6hari). pin BB :23B5EFD4.

      • Bushan Says:

        Semoga Anaknya lekas sembuh dan menjadi anak yang sehat jasmani & ruhaninya.

    • ika Says:

      kemungkinan itu tetap ada, karena toksoplasma tdk hny ditularkan dari kucing, namun juga dari sayuran, unggas, telur, ikan, dsb yg kurang bersih dan kurang matang. Jd saran saya, segera tes TORCH agar dapat segera dilakukan tindak lanjut.

  3. fenny Says:

    apa lagi memelihara
    yang tetangganya punya kucing saja berpotensi sangat besar terkena
    Kasusnya seperti teman saya. Dia korban dari kucing tetangga.

    • tinkerbell Says:

      Ngga juga mba…temen mba ini suka makan sate, steak ato makanan jepang yg ngga mateng ngga?? suka makan lalapan??? rajin cuci tangan pakai sabun ngga???pernah tranfusi darah???hobi melihara tanaman????

      Tokso itu bukan hanya disebabkan oleh kucing. Tokso ada di semua hewan berkaki empat dan unggas. makannya kl makan daging hewan2 ini harus mateng.

      FYI darah2 yang ada di PMI itu juga ngga di screening tokso, krn testnya mahal. Jadi dari tranfusi darah juga bisa

      Selain itu tokso juga ada pada sayuran yang tidak dimasak matang (lalap). Tokso juga bisa nempel di buah, so harus cuci bersih tuh buahnya, atau kupas aja sekalian kulitnya.

      Selain itu tokso juga ada di tanah,,so kl berkebun sebaiknya pakai sarung tangan, abis itu cuci bersih deh.

      Kalaupun sudah terinfeksi juga ngga masalah kekebalan tubuh kita akan membentuk antibodi yg membuat virus ini “tidur”. Tapi kalo kondisi tubuh kita menurun, virus ini bisa aktif lagi.

  4. nisa Says:

    kata teman saya yang dokter, Sebagian besar orang Indonesia memiliki virus toksoplasma dalam kadar yg berbeda-beda untuk setiap orang. Tapi, dia bilang, jangan melulu menyalahkan kucing sebagai penyebab adanya virus toksoplasma pada manusia.
    Meskipun yang POPULER sebagai pembawa toksoplasma adalah kucing, namun belum terbukti apakah hewan ini benar2 sebagai penyebab terbesar timbulnya virus toksoplasma pada manusia.

    Mohon koreksinya kalau ada yg punya pengetahuan lebih soal penyakit ini. Terima kasih

  5. Shahnaz Says:

    Aku gadis berusia 17 thn…bbrp bulan terakhir aku mengalami sakit kepala yg tak kunjung sembuh,.waktu aku lahir,aku tarlahir prematur,karna aku terserang virus toksaplasma..aku takut kalau nanti nya tidak bisa mempunyai anak….dan sakit kepala ku ini mengganggu konsentrasi belajar ..mohon bantuan nya…

  6. lia Says:

    sebenarnya gimana sih pengobatan toksow yg bnr itu??dan toksow yg berada dikepala itu apa dan bagaimana penanganannya,,,,tq

  7. ria Says:

    saya ingin tahu bagaimana cara pengobatan penyakit toksoplasma?????????

  8. denny Says:

    hr ini kembali istriku pendarahan disaat kehamilannya menginjak 2 bln. sudah 6x dia hamil dan 6x pula keguguran. 5x dicuret n 1x dioperasi bsr pengeluaran janin. hr ini dr kandungan menyarankan diopname dan menjalani tes lab utk mengetahui penyebab keguguran. ada prediksi istriku terkena tokso. ya Alloh mudahkan ikhtiar kami. amin.

    • tinkerbell Says:

      Sebaiknya kl memang IgM tokso positif, istri bapak terapi obat terlebih dahulu. Selain itu perbanyak minum madu dan olahraga agar kondisi tubuh meningkat. Jika kondisi tubuh fit InsyaAllah virusnya akan tidur pak.
      Jangan lupa selalu memasak makanan sampai matang, hindari daging stgh matang (sate, steak dkk), cuci buah sampai bersih, memakai sarung tangan saat berkebun dan jangan biarkan istri anda membersihkan kotoran binatang sendiri.
      Saya juga tokso positif pak,,IgM sudah turun dan meskipun IgM tokso saya msh positif saya sudah diperbolehkan program hamil. Sekarang saya sudah isi dua bulan (semoga semuanya dilancarkan). tetap berusaha ya pak

  9. dhyajeng Says:

    saya 24thn,mnikah hmpir 3thn.baru mnikah alhmdulillah lgsg hamil,nmn usia sktr 10mggu,sy keguguran.tnp kured,hny mnum obat brdsrkn resep,sdh brsih.lalu slang 2bln kmudian,sy hamil lg.usia 7bln krg 3hari,sy bersalin,BB bayi 1000gr,pnjg 38cm.slma hamil sy tdk bs mgkonsumsi apapun,kcuali air mineral.obat&susu khss ibu hamil pun tdk.usia 30jam,bayi kami mninggal.tnp alsn yg jlas..krn trbatasx perlatan medis di daerah sy,wlupun kota.skrg ni prut sy srg skt&pndangan brkunang2,prsis gjala tokso yg prnh sy dgr di tv.blom ada tndkn medis yg sy ambil.krn kekecewaan sy trhdp dunia medis yg sharusx diprioritaskan utk kami kaum marginal..

  10. iyn herdian Says:

    usia pernikahan saya menginjak 2,5 tahun hampir setiap tahun saya dinyatakan positip hamil namun usia kandungan saya tidak pernah bertahan lama kehamilan saya yg pertama mengalami keguguran saat usia 9 minggu & untuk kehamilan ke 2 mengalami kelainan pada usia 16 minggu yaitu janin tidak dapat berkembang dgn kata lain janin itu tidak ada.apa dengan kondisi yg demikian saya alami apakah ada kemungkinan saya terkena virus torch(toksoplasma)?

  11. dhea sheilla Says:

    apakah salah satu gejala penyakit tokso adlh gatal-gatal dan kulit menjadi panas dan bentol2 ????
    tlng di balas ! terima kasih :)

    • Silvia Says:

      Setahu saya kalau pada saat hamil, kulit sampai keluar ruam2 merah disekujur tubuh, panas, dan agak2 gatal, kemungkinan terkena virus Rubella. Utk memastikannya, bisa cek TORCH di lab. Thanks.

  12. roni syukroni Says:

    istri saya sudah mengamali keguguran 2x stlah tes darah trnyata positif kena toxcoplasma IGM,IGg stlh menjalani pengobatan istri sya hamil lg dan keguguran lg stlh janin berumur 5mggu,mohon solusi nya..thanks

    • lutfi ahmad Says:

      apa yg anda alami telah menimpa kel kami,alkhamdulillah kami dapatkan solusi nya dg SERBUK ANTI TOKSO (khas dari jazirah arab) cucuk kami pun lahir dg selamat dan sehat bebas TORCH(TOKSO) . muda mudahan kebahagian kami dapat pula anda rasakan dg “SERBUK ANTI TOKSO ” ini .( 081233240961 )

  13. Windy Says:

    Saya remaja putri, usia 14. Punya kucing piaraan di rumah. Apakah saya juga ada kemungkinan terkena toxo?

  14. suket Says:

    saya punya 4 ekor kucing di rumah sebelumnya memang rumah kami tidak memelihara kucing tapi karena keluarga saya suka akhirnya memelihara , kucing2 kami bersih dan lucu-lucu. selalu kami mandikan dan bersihkan, tapi dalam hati saya kadang2 agak takut jika nanti akan terkena virus tsb. karena saya akan berencana menikah tahun ini.

  15. rira Says:

    saya punya kucing. . .
    dulu’a sih gemuk. . tapi lama kelamaan, kurus gt ..
    kurus’a semenjak kucing q punya kutu. . .
    apa ini jg berpengarh trkena virus toxo. .
    al’a kucing q yang dulu, walawpn ad kutu’a. . tetap gemuk. . .
    tq. .
    tolong tanggapan’a.. .

    • Dallia Rahmatia Says:

      Kemungkinan bukan hanya toxo, tapi bisa juga karena diare, atau penyakit lainnya. kutu memang drakula, menyedot darah, tapi biasanya malah jadi penyakit kulit.

  16. Dyah Says:

    Mohon info. Sy 3 bln yg lalu keguguran dan harus kuret. Hasil lab ternyata sy terkena tokso awalnya igm 1,05 (normal 0,55) setelah 1 bulan konsumsi spiramicine 4 kali sehari dan isoprinosin 3 kali sehari igm sy masih tetap positif 0,87. adakah obt laen yg lbh murah harganya, mengingat harga isoprinosin yg mahal, dan sdh bolehkah sy hamil. Trimß.

  17. tika Says:

    3 bulan yg lalu aq hamil 5 bulan,,tanpa disadari janin yg ada dalam kandungan q meninggal,,dan aq harus dcurets.dari hasil lab ternyata aq positif terkena tokso,,setelah konsumsi spiramicyn 3x igm msih tinggi,,,dokter sudah memperbolehkan untuk program kehamilan dengan tetap mengkonsumsi spiramicyn,,,apakah tidak bahaya untuk janin q kelak,,tolong infonya

  18. yulia Says:

    saya sekarng hamil 3 bln…waktu msh hml bln ssya test TORCH dan hasilnya IgG >300 dan IgM 0,06 stlh minum obat dr dokter turun menjadi 214 dan igM 0,07. selama ini saya sering mengalami kontraksi rahim dan sakit kepala. apakah itu berarti saya sudah terinfeksi tokso??

  19. dheas pribadi Says:

    bu..saya, sudah dua kali gagal hamil trisemester pertama, dari dokter BO (bligted ovum) dan di kuret, apakah ada kemungkinan saya terinfeksi virus tokso itu, saran dokter periksa darah lab….tapi belum cek krn minggu depan baru akan datang lagi ke dokter cek up setelah saya di kuret ..thanks atas jawabannya dok

  20. Princess Says:

    Mengerikan,,semoga bisa diantisipasi segera dan ada obat yg bener2 bs menghilangkan virus Toxoplasma tersebut,,amiiin

  21. lutfi ahmad Says:

    sekedar info: “SERBUK ANTI TOKSO (khas dari jazirah arab) ” mungkin sebagai salah satu solusi tepat dan cepat untuk mengatasi infeksi firus TORCH ini, terkhusus bagi yg sdg hamil muda(triwulan pertama) dg positif TORCH.,juga buat anak2 yg lahir dari kehamilan dengan positif TORCH, juga untuk orang dewasa pria ataupun wanita yg terinfeksi firus TORCH (TOKSO)ini . butuh info lbh rinci hubungi saya 081233240961

  22. Pujiyanti Says:

    Anak qu slalu transfusi darah, kata dokter darah nya rendah HB rendah, apa itu ngaruh yaa ma tokso? Dari hamil USG 4Dimensi, ga ketahuan trs.

    • Pujiyanti Says:

      Umur 56hari baru ketahuan deh hidrosefalus. Skrg baby kembar qu sdh meninggaL. (-̩̩̩-͡ ̗–̩̩̩͡ )(˘̩̩̩.˘̩ƪ) (-̩̩-̩̩͡_-̩̩-̩̩͡)

      • Bushan Says:

        Semoga Allah menjadikan anak2 mba sebagai hijab dari api neraka. Dan memberikan balasan yang terbaik atas kesabarannya.

  23. susan Says:

    setelah menikah alhamdulillah sy dikarunia i seorang anak.stelah usia 2 tthn sy program hmil.pada usia kehamilan 3 bln,pendarahan n hrs dikiret.jarak 6 bln.kata dokter boleh hamil.alhamdulillah hamil.tapi pada usia 3 bln.USG di diagnosa Bligted ovum n hrs kiret.akhirnya inisiatif sendiri tes TORCH IgM n IgG ternyata Igm tokso positif 0,68.kontrol dokter tdk perlu minum obat.stahun setelah tes TORCH.tes lagi toksonya jadi tinggi 0.76.akhirnya ganti dokter disarankan minum spiamicin.sudah minum spiramicin 3 bln tokso turun 0,73..sebaiknya bagaimana?apa harus diminum terus spiramicinnya?

  24. Online mammogramanother medical opinion Says:

    Aw, this was a really good post. Finding the time and actual effort to generate a superb article… but what can I say… I procrastinate a lot and don’t manage to get anything done.

  25. MyFriendOlShop Says:

    Reblogged this on myfriendolshop and commented:
    APA ITU TOKSO

  26. diah Says:

    dulu mamah saya pas mengandung anak ketiga jg kena virus tokso, tadinya tidak ketahuan sampai adik saya itu lahir selamat&sehat. pas adik saya usia 3bulan ato 6bulan, dy panas tinggi & kejang akhirnya check up ternyata adik saya kena virus tokso tsb. dan menyerang syaraf.skrg adik saya usia 8th hanya bisa main ditempat tidur, dy bergantung obat2 yg diberikan prof.dr taslim ahli syaraf. mohon ada info alternatif penyembuhan untuk adik saya? trmksh.

  27. Fajar Kuswaya Says:

    Sama-sama. Semoga dapat bermanfaat.

  28. riyanti Says:

    Maaf sy mau tanya,sy hbis keguguran dua kali.Dokter bilang klo sy terkena virus tokso,dan dokter menyuruh sy agar sy ikut terapi.sy bingung,krn terapi yg di sarankan dokter sy itu mahal bgt,1bln sy hrs menebus obat yg hrga nya 2jt,sedangkan dktr suruh sy terapi 3bln.stlh terapi sy selesai sy br bs hamil sehat insyallah,,,mhon saran nya jika ada alternatif lain untuk sy sembuh.tks

  29. risya Says:

    Jika seorang wanita yg pernahdi fonis oleh dokter mengidap penyakit toksoplasma,dan firus itu sudah negatif apa wanita tersebut masih bisa memiliki keturunan yg sehat,baik dri otak sampai ke bagian dalam organ tubuh lain si cabang bayi tsb.


Tinggalkan Jawapan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Tukar )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Tukar )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Tukar )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Tukar )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: