Jenis-Jenis Behel

Behel atau kawat gigi pada dasarnya terbagi menjadi tiga bagian yaitu bracket , kawat dan pengikat. Bracket adalah yang menempel pada gigi dan membentuk gigi-gigi tersebut, sedangkan pengikat berfungsi untuk mengikat bracket-bracket yang terdapat di gigi tersebut.

Sebelum memasang behel biasanya dokter gigi akan memeriksa kesehatan gigi pasiennya, jika terdapat lubang, maka akan ditambal terlebih dahulu, jika terdapat karang gigi, maka akan dibersihkan terlebih dahulu. Intinya gigi yang akan dibehel haruslah gigi yang sehat.

Bahan bracket yang biasa dipakai dokter gigi ada tiga, yaitu:

  1. Logam stainless steel, bahan ini memiliki kekuatan yang paling baik dan dapat membentuk gigi dengan kuat
  2. Emas 24 karat, bahan ini khusus untuk pasien yang memiliki alergi terhadap logam
  3. Porselin, untuk memperoleh tampilan behel yang transparan
  4. Krital safir, bracket yang paling transparan disbanding bahan lain.

Sedangkan pengikat biasanya terbuat dari karet dan dapat diganti warnanya sesuai permintaan pasien.

About these ads
Dikirim dalam Gigi, Kesehatan. Label: , . 199 Comments »

199 Respons to “Jenis-Jenis Behel”

  1. lynnda Says:

    hi,,,
    ak lynda umr 17th..mo tny ..behel gigi
    kebetulan gigi aku gingsul2 dan 2 taring!!
    tapi walaupun gingsul dan taring ku rapih..
    hanya saja pada waktu bicara..
    terasa tidak leluasa!!
    kira2 cocok pke behel pa yag??
    n baget yg hrs d klwrkan~~~

    tnks..

  2. Jaga Kesehatan Says:

    Kalau ada yang gingsul,
    sepertinya harus dicabut dulu deh,
    coba tanya ke dentistnya aja mbak,

    budgetnya biasanya sih sekitar 5 jt

  3. emily Says:

    nama sy emily,,umur 28 th..
    untuk pemasangan behel apakah gigi wajin di cabut??thx

  4. Jaga Kesehatan Says:

    tidak selalu mbak,
    tergantung kondisi giginya.

    Apakah perlu dicabut atau tidak.

  5. nia Says:

    saya nia, saya sudah memakai behel kurang lebih 2 tahun, sudah beberapa bulan ini saya tidak menggunakan sikat gigi khusus untuk behel, saya hanya menggunakan sikat gigi biasa, apakah itu berpengaruh terhadap behel saya?trims

  6. Jaga Kesehatan Says:

    Sebaiknya gunakan sikat gigi khususnya dan secara rutin konsultasi dengan dokter gigi.

    Semoga membantu

    • doremi Says:

      saya doremi..
      saya mao nnya klo gigi kita renggang sebaiknya pake behel yg kaya gmn yaa?
      gigi saya udh rapi cm renggang doank,,,
      gk tonggos,,
      sebaiknya pake behel yang kaya gmn yaa?
      umurn saya 13 THN,,
      thx..
      tolong di balas.. ;)

    • dita Says:

      sist sya berumur 10 tahun sya ingin memakai behel karena gigi saya renggang cocok nya pke behel model pa sist

  7. Aphrodita Says:

    nama saya Aphrodita umur 15 tahun
    saya mau tanya
    gigi seperti apa yg akan dicabut unyuk pemasangan behel?
    thanks a lot yaaa

  8. oktarina Says:

    nama sy oktarina,,
    mo nanya, bsk sy mo psng behel di jogja..
    cz bude sy drg…
    krn sy orng jkt, ap bsa kontrolny d jkt tp msng behelnya d jogja??
    kira” brp yah kalau kontrol di lain dokter..

  9. cicit Says:

    Halo…
    mw tanya..
    emang kalo pke behel efeknya sering sariawan ya…?
    cara ngobatinnya hrs ke dokter gak?
    trus badannya pst kurus y?
    oo..ya, kan gigi saya cm maju sedikit aja..kalo pake behel kira2..brp lama ya..?
    thx a lot yach..:)

    • lee_a Says:

      cicit : biasanya seh iya…..apalagi pertama x dipasang

      soalnya mulut belum terbiasa sama logam ato kawat yang baru nempel.

      cara ngobatinya pake obat sariawan juga bisa sembuh ko.

      kalo masalah kurus sih tergantung orangnya juga….ada yang jadi kurus ada yang jadi gendutin….klo ak seh prasaaan malahan ngegendutin…

  10. pipit Says:

    Q pi2T
    16 tHUn
    Mo nanya ne,apa bdaH nya Se beHEl yG hrga ny 5jt ma BeHEl YG kawat Nya CumaN sgaRis. Ow y Gi2 dpaN Q kN tamPeLan tRuZ Q cPk nE uHd 3x BolaK bLIk ke DoktER gi2 waT namPeL gi2 Coz tMpeLan ny Toe LepaZ. gimana ne? bsa ga y Klu di pSang beHEl n kLu beHeL yG paKeK kWat segariS itU brapa y??
    makaSiH y

    • Risna Says:

      Behel garis Lebih mUrah skitar 500rb-2jt…
      Tapi lebih efektif yg behel cekat dibanding lepasan..
      behel segaris itu bisa dilepas2 dan hasil’n lama…

  11. april Says:

    sya april 18 thn…………..

    gigi sya ga rapi tdina gingsul sya ada 2 tp dlu sdh dicpt 1,
    tdna mw 2″nya tpi sya ga mw soalnya mw langsung dibehel..
    tpi sekarang gi” saya semakin berantakan dan ga da tempatnya……
    jdi klo dibehel sekarang bagaimna………..??
    truz qra” harganya brp.??
    terimakasih

  12. regina Says:

    akyu baru berumur 13 tahun dan rencananya mau masang behel..kira-kira sakit gak ya buat masang behel?..abis kata orang-orang awalnya emang sakit banget apalagi kalau lagi sariawan..

    • lia Says:

      tergantung pada kasusnya sang pemasang behel..
      yg udah aku alami,,,yya cukup sakit di awal,,berat badan kuwh jg turun.

      1-2 minggu bibir memang lebih sering sariawan,,karena terasa kering,,
      tp bisa ditangani dengan obat kumur koQ,,,

    • puput Says:

      iya nih gua jg jadi takut , sis..

  13. dewi Says:

    gw mw tny nih…gw pngn pasang kwt gigi, tp ggiku ada yg brlubang..kr2 bs d pasang g ya?sbaikny gmn?

    • lia Says:

      kalau lubang kecil dan bisa ditambal mungkin tidak akan dicabut…tetapi jika lubang sudah cukup besar dan tidak mungkin untuk melakukan penambalan pasti akan dicabut…
      karana pemasangan behel hanya dilakukan pada gigi yg sehat saja,,,

  14. kharisma Says:

    pengen deh pake behel tapi belom dibolehin mama gara-gara harga behel relatif mahal. padahal gigi aku ada yang gingsul dan ga beraturan. dimana ya tempat masang behel tapi yang sedikit murah dan bagus yang ada di Bekasi? thanks :)

    • lia Says:

      d komplek bea cukai,,di sukapura,,jak-uT,,

      d tmpat saudara kuwh,,,

      skitar 5-6 jt,,,
      dan tiap kontrol 300rb,,
      untuk awal 2 bulanan kontrol per 2 minggu sekali,,

      setelah itu 1 bulan sekali,,,

      berminat?..

  15. El Says:

    Mau tny ne. . .
    Aq rencana mau pasang behel gi2. . .aq tinggl d pati. . . .ada g y, dokter gi2 ortho d pati, kudus or semarang n hargany brp? Biar deket. . .tengkyuu. . .

  16. baisal Says:

    halo jaga kesehatan, saya mau tanya:
    adik saya memakai behel yang bentuknya kawat saja, dan diletakkan di belakang gigi, di rahang bawah, saya kurang mengerti jenis behel apa itu, yang pasti yang terlihat cuma kawatnya saja. Behel tersebut seharusnya sudah dicabut 4 tahun lalu, tapi karena kesibukan dan berbagai macam hal tidak sempat dicabut. Nah, berhubung lokasinya sekarang sudah jauh dengan dokter yang dulu memasang, apa bisa behel tersebut dicabut di dokter gigi lain? haruskah di dokter gigi ortho? dan kira2 brapa harga untuk mencabutnya?
    terimakasih sebelumnya atas jawabannya.

  17. baisal Says:

    halo jaga kesehatan,
    menyambung ke pertanyaan sebelumnya, setelah saya cari tahu, yang saya maksud itu ternyata retainer, dan jenisnya fixed-retainer. Mohon jawabannya.
    Terimakasih

  18. tika Says:

    saya mau pasang behel …

    di semarang yang murah dan bagus dr mna yaa ??

    bsa kasih solusinya ???

  19. Edo Says:

    gw mw psg behel, ada g spesialis gigi yg bgus di daerah rawamangun ???

    N brp budget yg harus gw kluarkan??

  20. echa Says:

    hi jaga kesehatan…

    mo nnya nich :
    quwh mo psang behel… klo d bdg dkter ortho yg bgus n murah dmn?? tyuz hrga na kisaran brp??

    thx b4…

  21. mira Says:

    hi..mira mo nanya neh..
    pasang behel yang murah dan bagus kwalitasnya di daerah semarang dmn ya??
    tengs

  22. fanny Says:

    . aku mau tanya kaloo gigi gingsul maau dibehl harus dicabut dulu ya ??

  23. ika Says:

    kalo yang porslen harganya beda yah ma yg stainles?

  24. nindy Says:

    kalo invisible braces kira2 hargany berapa ya?

  25. Abi Mujadidy Says:

    saya riri umur 12 th, kan gigi saya ada yg tanggal (ompong), apakah bisa di behal ????

    dan dibehel itu sakit tidak ???
    trimakasih….

    • lia Says:

      gigi yang ompong bs tertutup rapat dengan pemakaian behel,,,
      tp tergantung kasus giginya jg,,,

      yg sudah saya alami,,,ternyata cukup sakit,karna perlu beberapa gigi yg harus dikorbankan,,

      rasa belum terbiasa pun,,dan sariawan sudah mengalami,,
      he,,,

  26. gitta pervcha Says:

    hai saya gitta . umur 19 thn . sy mau pasang behel yg transparan kira” paling murah berapa ya harganya . trus klinik pasang behel yg murah di jakarta dimana ??

    • lia Says:

      transparan maksudnya yg porselen?..
      yg porselen sekitar 6jt an

      d komplek beacukai,,di sukapura,,jak-uT,,
      (tmpat saudara kuwh)

      berminat?..

  27. damn boy Says:

    behel garis termurah d jakarta, dimana ya ?
    thx.

  28. Nisrina Amalina Says:

    kalo di jak-bar nyari behel warna-warni yg murah di mana sih……..tolong bls ya…..thx,ku tunggu jawabannya……hehe

    • lia Says:

      warna warni nya itu sebenernya bukan behelnya,,,tapi karet pengikat kawatnya…

      ada d jak-uT,,,komplek beacukai,,,
      berminat?..

  29. Hani Says:

    aku mau pake kawat nih,,

    kalo di solo dokter gigi yang bagus

    di mana, yaa???

    thx ^_^

    • yosin Says:

      bulan ini lagi ada promo di mecadita sist,
      5jt diskon 20%
      hehehe
      tapi temen aku pake yang 7,5jt dr. d deket pasar legi
      cuman mahal
      ><

  30. lilis Says:

    aqu mau nanya harga masang behel paling murah berapa ya???? and paling mahal masang behel tu berapa!!

  31. namira Says:

    halo, saya namira, 20 thn. saya punya masalah dengan gigi-gigi saya yang renggang, untuk kasus seperti saya ini behel seperti apakah yang cocok dan berapa lama waktu pemasangannya?
    trims

  32. shilvi Says:

    aduh behel invisible yang pake bricket ada yang 500rban gak ?

  33. Fathiyah Says:

    saya mau nnya,,,,,,,, sya pngen msng behel tp gigi sya ada yg udh dcbut sbelumnya,klo mw msng behel yg permanen nunggu smpai tmbuh dlu atau biarin????

  34. Fathiyah Says:

    saya fathiyah, saya mau masng behel tp bgus,y bhel yg mna yha?????????
    sya msh 11 thn.
    jd pke yg mnh??????? trims
    jwb yha

  35. nurul bhuana Says:

    hay aku mau tanya ,, kalo behel yang tidak ada motifnya ,harganya lebih murah ? tapi warnanya tidak cuman warna besi aj kan ? tengsss ya

  36. lilis saadah Says:

    sy udh ps.behel.bs g y tukr tmbh dg bhel jnis porselin msl sy mo gnti.yg sy pke dari bhan stainless.thx.

  37. lilis saadah Says:

    sy pngn gnti behel n rncananya ps behel jnis porselin.psg yg murh jnis itu d ciputat ada g y?brp?.ada g y bhel dr bhan plastik?thx.

  38. ayu Says:

    Q mw tnya neH!!!
    pke beheL tue bs pke kartu askes g’???
    N hrga standar_a brpa???
    oya da g’di daerah pariaman,padang. Sumatra barat tmpat pemasangan_a
    thx!!!

  39. Icha Says:

    mb biasanya harga behel yang cepat brp yach

  40. dessy Says:

    saii numpang promo iaa..
    Pemasangan behel gigi muRah & berkualiTas .

    * Permanen: atas bawah 3.5jt,, atas aja 2 jt. Bagi yg ingin ORDER
    Permanen yg Berada di JABODETABEK,, Pemasangan & kontroL di tempat
    Pasien. (banyak piLihan warna)

    * Lepas pasang: atas bawah 2 jt,, atas aja 1 jt. Lepas pasang sangat
    PRAKTIS,, bisa di pa…sang & di copot sendri kapan pun km mau. bagi
    yg ingin ORDER Lepas pasang yg berada di Luar JABODETABEK,, kalian
    cetak gigi di tempat daerah kalian,, stelah itu baru hasilnya kirim
    kesaya.

    Yg masang SPECIALIS ORTHO yg sudah berpengalaman & mempunyai izin PRAKTEK.

    Bagi yg berminat/mau tau Lebih jeLas SMS or TeLp ke 085695726392 & 92575492

  41. uvy lavida Says:

    maap sya png’n tnya xlou behel ianx mrah ntu smpe brpa y?,kwlitas’y gmna??

  42. Annisya Says:

    Ass,,,
    Aku nih pnya banyak gigi gingsul,,,
    Kta kakak sppu yg jdi dokter gigi ak hrus pke BEHEl,,,
    kira2 cocok gk y?

    Kira2 budget nya berapa y..?
    Soalnya cma ad uang 2 jta nih,,,

    Gman donk?

    Wass,,,

  43. Dewi Says:

    Q dewi 23thun,dgn umurku skr,apa aq boleh pake behel kawat yg lurus,coz ktanya dgn umurq yg skr,behel yg hrs dpke adlh yg tebel.trims b4

  44. andina Says:

    ehmm..maaf nih numpang tanya..
    bener ga nih harga behel porselen itu sekitar 6jtaan atau diatas 10 jutaan kalau pasang atas bawah..??
    trims

  45. magenta. Says:

    Terima pasang behel daerah, jabodetabek,bandung, dan semarang.
    standart bracket 2.5jta atas bawah.
    tersedia jga berbagai bracket seperti: color,star,flower, mickey, love, transparant.
    tersedia pula kawat lepasan,
    ada yg segaris ada yg pake bracket.
    kontrol 50rbu.
    sms ke 087833030908
    atau cek facebook
    semarang_shopaholic@yahoo.com
    tq.

    (pasang bsa dirumah km)

    • dian Says:

      tu gigi nya bisa rapi beneran ato cuma buat gaya aja??
      cz aQu pengen banget rapiin gigi ni..
      tu yang pasang ortho ato bukan y? ths

  46. Sitti Says:

    pd saat pmsngan behel ny skitar brapa jam yah ??

  47. rizki Says:

    saya rizki berumur 13thn saya mau masang behel
    gigi saya agak jarang-jarang .biasa nya apakah jenis behel yg bgus saya gunakan?

    tolang di jawab

  48. Adella Says:

    saya mau pasng bethel, yang cocok sama saya apa ya!
    saya mau nyari bethel yang berwarna biru ,bekualitas dan hargga’a murah. tlp ke rumah sya kalau ada 021 – 88988447

  49. Lyen Says:

    gw pasang behel baru kemaren tuh,,
    di dokter idris..
    harganya murah bgt ..
    klo pasang 2 cuma 2500000
    tp klo satu yg atas aja cuma 1.300.000
    cus dy lagi promosi juga..
    biasanya 1.5 utk atas aja…..

  50. ndinna Says:

    aq ndinna aq mu pasang behel ni …
    gigi graham aq ada yg bolong 2″ naa …
    itu qra2 harus dcabut atw gagh yah ??
    tolong dijaawab yah ??
    tnx b4

  51. aggille Says:

    praktek dr idris tu dmn????n brp no tlpnya????

  52. safira nuril hikmah Says:

    pingin di bhel… tpi g’ bleh…

    di bhel itu skit g’ sich…???

    ya allah.. berilah anugrah gi2ku di bhel donkzz….
    whahaha…

  53. ryan Says:

    w ryan… w mau tanya harga pasang behel berapa c? n ada g behel yang cma wat gaya2 duan gitu??????

  54. vira Says:

    sayakan baru memakai behel kira-kira itu sakitnya brp hari ? Dan gigi saya berlubang tp saya sudah memakai behel ?

    JAWAB YA

    • gembil Says:

      kalo maslah sakitnya relatif,ada yg 2 minggu sampai 1 bulan.yg berlubang mending minta tolong dokter buat di tambal aja,buat kesehatan.

  55. ifa Says:

    hai , aku ifa .
    umurku 14 tahun , aku pgen pasang behel .
    tapi gigiku udaa lumyan rapi , cocok.e pake yg jenis apa ?

    praktek.a dokter idris itu dmna ?

    jawab ea .

  56. Nur Fadilah Says:

    hy…
    aku mau msang bhel gigi ku kta tate ku aga maju itu pasang behelnya sekitar brapa jutaan ya..mhon di bales makasih

  57. nunu Says:

    Aku Mau Tanya,, Kira kalo Aku Pasang Behel,,, waktunya Berapa Lama Y,,,
    Makasih,,, Tolong Di balas,,
    Trims

  58. ndah Says:

    hii .)

    aku endah .
    saya mau tanya, jenis behel apa sih yg co2k buat gigi kelinci yg renggang ???

    trus ada yg tau ga tempat pmasangan behel di palembang yg harganya terjangkau dan berkualitas ???

    Trims

  59. nungki Says:

    klu pasang behel di solo hrg sekitar 1-2jtaan dimana yah///plizz jawabb…mkasi..

  60. ichigo Says:

    minta saran blh gak dok..
    aq maunya pasang bracket yg porselen tp katanya perawatannya 2x lipat lbh ekstra dr yg metal ya?
    kl enggak itungan bulan aja, warnanya berubah, apakah benar?

    jd galau krn ini..
    sebenarnya sejauh apa perubahan itu & akankah m’ganggu sekali .. krn aq byk bertemu klien jd setidaknya performance sgt diperhatikan

    makasih__

  61. lulu Says:

    Nie Lu2,,,,,,,,
    Gue paKe behel Jg tp Gi2 Lu2 Jd Item Kaya Karat Gt,,,,,,,,,,,
    Solusinya Gmn Yach Biar Hilang,,,,,,,,,,??????????

    • Viena Says:

      saran gw sich k dokter aja.
      udh lm gx prnh kontrol ya?
      hm, biasany sich kl trlalu byk masalah bisa2 behelny dicabut soalny takut nambah parah.

  62. viodra Says:

    ooh ya ada gak sih behel yang harganya 700rb-500rb yang buat gaya2 doang???

    jawab…

  63. rachma Says:

    haii aku rachma
    aku mau nanya nii

    aku pengen sekali behel krna gigi q tidak rapih dan ada yang berlubang kira2 bisa tidak yaa untuk d behel??

    dan brapa yaa ongkoss behel di yogyakarta????yang agk lbh murah??? thxxx tolongg jawab yaaaa

  64. rachma Says:

    berapaa hargaa behell d yogyakartaa yaaa????yang murah???

  65. rini Says:

    hmpp
    kira2 gigi ku cocok ga ya pake behel karna gigi ku gak rata berantakan ??????

  66. rini Says:

    oh dan brp harga gigi di bogor ya

  67. riestha Says:

    pngn d behel yg murah tp brkualitas dmn y daerah bndung???

  68. icha Says:

    ak mo tanyak nih. ad gak sih behel plus bracket yg hargany cuma 500ribuan yg cuma buat gaya2 doang. soalny ak pengen pakek behel tp gigi ak ud rapi.

  69. winny Says:

    saya berumur 18 th saya sudah konsultasi ke seorang dokter, katanya gigi saya terdapat kasus yaitu gigi bagian/rahang bawah lebih maju di banding dengan rahang atas, dan saya disarankan untuk menggunakan behel, kalau tidak lma kelamaan akan mengganggu funsi mulut apalagi ketika makan, dan dia menyebutkan harga behel skitar 5 jt, pertanyaan saya, apa ada tindakan lain selain mem behel gigi, kalaupun tak ada solusi lain, apakah harga behel nya ada yang lbih murah…mohon jawabannya…trimakasihh

  70. winny Says:

    saya tinggal di bekasi, dimana behel yang murahh…thanks

  71. Seesha Says:

    saya mau nannya niy sista , gigi saya berantakan sekali ada satu ginggsul and ada satu yang mundur kebelakang .
    kira-kira bisa gak yah pake behel ?

  72. vrin Says:

    aq mw pasang behel nii. .cuma gigi depan agak patah tapi sedikit sizz karena gara” jatoh. .apa bisa buat di pasang behel??atau harus di tambal dulu??
    bales yah. .soal’y aq mau pasang.

  73. ayu Says:

    haii ..
    ,aku ayu dd.bogor ….
    ,umur aku 13 thn kls 3 smp
    ,aku pngen pasang behell tapi yang murah ..
    ,kira2 harga yg pling murah brapa yya ?.

  74. gembil Says:

    hanya mau membantu buat pasang behel yg murah kususnya jogja dan sekitar
    hub:087834603720

    dari luar kota serius hub aja

    trims

  75. avrile 20 thn Says:

    sY mo nYa NeW TnTG BeHeL…
    Sy PuNYA maSAlH DgN Gi2 saYA…
    gigi sY yg dEPAn aGAK ReNGGAnG yuS baGIAn gi2 baWAH BoLoNG,,,
    iTu gMn yaW Klo Sy MAsaNG BeHEL aD pEngaRuHNYA GA,,,
    ThaNK,,,

  76. cory Says:

    cory mau nanya ni…
    klo gigi bawah aja yang dibehel..(dirapiin) itu gmn???atau mesti atas bawah???kira2 budget nya brpa ya mbak..????

  77. ian Says:

    tny dum,,
    dlu q pnh nyoba priksa k dentist ktna gigi q ney kl d behel hrus yg permanen cz iar hsil na max,,
    kira2 kl d solo taw ga tmpatna dmn??n harga na brp y kl yg permanen gt??

  78. Ronald Says:

    Bru psng k’mren kwt gigix…….ych sdh nyeri2 gigi ku..mau tanya nyeri2 pda gigi itu sampe kapan ya??

  79. anak Kecil Says:

    aku mau tanya, aku pengen pasang behel nah, yg paling murah berapa trus tempatnya dimana?? aku rumahnya di pamulang nah, biasanya bagusan yg permanen atau yg lepas pasang..?? thx ya :D

    • nayah Says:

      bagusan yg permanen say
      yg paling murah behel standar 380
      add fb ku yah nayah behel
      or tlp 089793021

    • aira Says:

      aku sudah hampir 2 thn pasang behel, dulu gigi ak tu maju,tapi sekarang udah agak lumayan,gigi ak sudah mundur 80%,ea meskipun blum sepenuh nya mundur,,,,,

      kira kira barapa lama lagi ea gigi ak bisa mundur sepenuh nya,

  80. claudya Says:

    bedanya behel lepas pasang sama behel permanen bisa keliatan ga kalo diliat pas udah dipake ? cara perawatan behel lepas pasang gmna ? apa perlu perawatan ke dokter ?

  81. nikita Says:

    aku mau tanya nih..
    akku mau pake behel,tapi harganya berapa yaa??
    terus ada gak behel yg bisa sewaktu2 kita lepas atau pasang sendiri??kira2 harganya berapa yaa???
    sebenernya gigiku udah rapi..cuman aku merasa gigiku rapi tapi agak maju sedikit,tapi bukannya tongos yaa..hehe..
    trs gigiku juga ada karangnya..so..give me the solution..thx..

  82. Shintya Says:

    . hay aku mau bertanya pasang behel permanen yg paling murah d makassar..?
    . klo behel hiasan berapa..?
    . bales yah. .soal.y sy mau pasang..!

    • nayah Says:

      kamu pesen aja behelnya di aq say
      cuma 380 kok
      trus pemasanganya cri aja di makasar di drg.or ahli gigi
      paling cuma 600
      coz biasanya customer aq juga segitu
      add fb ku yah di nayah behel :)

  83. Im0t Says:

    Sya sngat ingn d.bhel kra.a bth biaya brapa ya tk bhel smua gigi saya.mhon d.bls

  84. petra Says:

    Kemaren aku baru pasang behel di daerah jogja. Murah, cuma 1850 atas bawah. Yg pasang dokter koq….. Bisa pilih warna…. Cepat dan gak sakit….

  85. dessy natalia Says:

    klo mw msang behel haraga`a brpa cii….
    n sakit pa gak ya…….

  86. nayah Says:

    bagi temen temen yang mau beli behel murah berstandar ok
    add fb ku di nayah behel
    or contact me personally @ 08979573021
    cuma 380ribu lho untuk behel standar atas bawah
    and 650 metal
    lebih jelasnya aq tunggu yah di fb

  87. mala Says:

    Bagi temen2 di Jakarta Utara yang ingin psang behel dgn
    harga murah dan terjangkau serta dpt dicicil HUB : 08128781112 brecket metal = 2,5 jt atas bawah , transparant =4 – 5 jt atas bawah … BS DICICIL

  88. jane Says:

    g mo tny dunkz..
    G pgn bgtz pke behel coz gigi g ga rata ad gingsul y, trz g ad bli behel d ol shop tp g bingunk mo pasang dmn ?
    Ad rekomen ga orthodentish or drg yg murah wat pasang y aj d daerah solo

  89. sepi Says:

    saya sepi
    saya mau tnya!!!
    gigi atas paling depan saya bolong kl pke behel bisa rapi g??

  90. fitri Says:

    aq baru umur 13 thn…….
    gigi ku sangat tidak rata !!!! aq sbnernya pngen psang behel,,tp bisa sampai rapii sempurna ga ya gigi ku yg ga rata ini ??
    dan ada ga iia psank bhel gigi yg komplit + biaya kontrol prbulan nya yg trjangkau bagi seumuran aq …. ????

  91. icha Says:

    haii salam kenal .
    saya icha , gigi depan saya ada yang lebih panjang sebelah karena tumbuh’y lebig bawah dari gigi di sebelah yang normal . kira” mesti dibehel ato gmn ? trus klo dibehel kira” berapa ? oiaa klo di bogor behel yg murah dmn iaa ? tq .

  92. yulian Says:

    mbak saya mau buat behel
    emank sih gigi saya ga gingsul
    tp kurang rapi
    kalau mau bwt behel atas saja berapa ya mbak?

  93. Ay87 Says:

    saya umur 13 thn,,,
    gigi saya agk senti ,, kira* cocok pke behel apa???

    tolong di jawab ya???

    makasih :)

  94. masyitha Says:

    saya masyitha, saya pernah ke dentist di jogja sdangkan rumah saya di semarang, kalau saya pasang di jogja tp kontrol d smg bisa ga ya?
    Soalnya mungkin bisa dibilang kasusku ini parah
    makasi

  95. cum cum Says:

    aku juga pengen pasang behel..
    tapi kudu pikir” lg coz biaya ny lumayan mahal..
    tapi kenapa yaa setiap yg d pasang behel pasti salah 1 gigi ny wajib d cabut?
    kemari aku sempet konsul ma dokter gigi n dy blg 2 gigi ku wajib d cabut nanti nya entah sebelum atau sesudah pemakaian behel

  96. ahmad Says:

    saya 25 tahun, pasang behel bisa gak ya?

  97. layla alfy Says:

    hy nm ku layla umur 11 taun
    ak mau pasang behel tp apa harus nunggu gigi dewasa semua ?

  98. lestari Says:

    kalau gigi saya ada yang keluar satu dan masuk satu kira-kira bisa ga saya pasang behel

  99. nay Says:

    gigi atas saia renggang2…
    pke behel pa yg bgus???
    spya gigi saia rapet2…

  100. mimiw Says:

    klo giginya seperti kelinci cocok gak ???

    oya.. kan biasanya pake behel itu ada yg cocok ada yg engga..
    klo yg engga cocok itu gimana ?
    giginya bakalan rusak ??

  101. maharani Says:

    saya giginya agak kurang rapi . gigi depan itu maju . saya mau tanya , behel yg cocok itu apa ya yg untuk saya ? dan bugdetny berapa ?
    tolong dibalas . trims

  102. ayu Says:

    mo nanya nih kalau pasang behel bukan didokter apasih bedanya.
    dan gue baru aja pasang behel tapi hanya untuk gaya gaya aja ngaruh ngak sih buat gigi aku yang rata ini

    mohon penjelasannya makasih

  103. reza Says:

    nama saya reza umur saya 12 thn saya mau tanya pasang gigi tuh sakit gak sih kalau yg di pasangnya cuma atas doang berapa harganya mohon di balas trima kasih:)

  104. mafacha Says:

    halo aq chacha .
    Aq mw masang behel ni v gigi qu belubang .
    And tmpt pasang behel murah d.samarinda d.mana yea .
    Blz dunk pliz .

  105. Christiana Says:

    Hi !
    ak mau msang behel nih..
    tpi bingung .. hrga behel mahal bgt..
    trs skit !
    gmn nih ?
    hmm.. trus hrus k dokter 1 bulan skali..
    JAWAB !

  106. faza Says:

    aqw faza umur 15 thn..
    pasang behel yang murah lokasi d semarang ad gk n berapa??
    tapi gigiq ad yang berlubang..
    mohon dblas thnks..

  107. whend Says:

    hy aku mau nanya harga behel yang lurus berapa yaa???

  108. Enssly Says:

    apakah bahel bisa d pasang sendiri??? :D

  109. Sherly Says:

    Namaku Sherly , gigiku tonggos 1 …
    aku mau dipasang behel . tapi kata dokternya pasang atas bawah 8.000.000 .
    mahal banget ..

    emang betul ya, harganya segitu ??

    MOHON DI JAWAB

  110. Luthfia Atika Says:

    berapaa ya harga behel yg sekarang ? yg permanen di atas ?

  111. feny Says:

    behel yg harga’a 200000 ad gak?

  112. alvi Says:

    hay aq alvi
    q mau pasang behel kira2 tmpt yng bgus n murah d tangerang dmna y?

    blz y

  113. Bemby Says:

    Q bemby 33 th tinggal d pati,q pengn ngrapiin gigi ak yg agak kdpan.untuk wilyh pati kudus kira2 d mana y.brp kr2 biayany.trims

  114. anna Says:

    saya mau tanya, kalau behel yang transparan itu apa bener2 tidak terlihat??

  115. wira Says:

    mau tanya , harga behel yang invisible itu berapa ya ??
    mohon di jawab !! :D

  116. dian Says:

    mau tanya nih, drg ortho yang daerah semarang dimana yah? Yang kualitas bagus, harga juga normal mahasiswa, tolong dong

  117. ganes Says:

    hai,,nma aq ganes umurku 13 tahun,,
    aq mw psang behel didaerah solo yg kualitas’a bagus dan hrga’a normal ada d’mn each…………????????
    wjib blz

    • neza behel Says:

      Behelku Watchku Shop Semarang ..
      BEHEL PERMANEN USA ATAS BAWAH 1,4 **BONUS SIKAT+WAX**
      (SUDAH TERMASUK PEMASANGAN)
      MINAT SMS AJA = 081914606167
      PIN BB = 30C83F05
      FB = Behelku Watchku Shop
      Twitter = @nezabehel
      YM = akuneza@yahoo.co.id

  118. Heru Saiiank I'a Says:

    kak
    Aku seorang siswa di padang
    Memakai behel bongkar pasang aman g…?

  119. Indah Tri Utami Says:

    kakk, namaku indah umur 19 thn. aku mau tnya nii behel yg bagus buat gigi aku apa ya? soalnya gigi aku kecil” nd renggang”.. tapi yg murah didaerah depok dmnanya sii kk??? bls ya..

  120. neza behel Says:

    hello sistaa yang mau pasang behel di daerah SEMARANG ,, permanen atas bawah 1,4 .. menggunakan bracket USA .. bonus sikat+wax .. minat sms aja 081914606167 | invite pin 30c83f05

  121. amel Says:

    hai. .
    saya amel 21 th
    saya punya masalah gigi masuk kdalam yg bagian gigi kelincinya
    bagusnya pakai behel gigi atau tidak iaa agar giginya bisa rapi ?

  122. putri Says:

    hai…
    saya putri 14 thun
    gigi aya ada yang gingsul,, aku kepengen pake behel,, tp harganya mahal…
    gmana donk..

    • BEHELKU WATCHKU SHOP (semarang, jogja, pekalongan) Says:

      SEMARANG..
      pasang behel permanen atas bawah 1,4 dpt bonus sikat+wax..
      *bracket Orthoclassic USA
      *pemasangan sudah menggunakan laser
      *garansi
      *bebas pilih warna

      minat sms ya 081914606167 / invite me 30c83f05

  123. ita pratiwi Says:

    y…
    Aku ita..umur 23 thn
    Aku mau pasang kawat Gigi ,,soalx gigiku jarang2,aku mau kasi rapat lgi,biar lebih rapi
    Kira2 bisa tdk pasang behelx.

  124. dara yunia Says:

    bagaimana tips agar gigi bisa cepat tertata rapih sesuai yang di inginkan pasien…thx

  125. linda Says:

    haiys,, aq linda,,, maw tny nie,,
    kan gigi aq gisul satu, maw d cabut gag blh dokter, trs maw pake’ behel pantes gag????????

  126. ayue Says:

    mau tanya .. pasang behel bisa bikin gigi tonggos jadi gak tonggos gak ?/ brp harga pasang ? dan beri saran pasang behel yang bagus daeraah jogja . thx .. bls di emaile dnazallaayue@yahoo.com

  127. Dias Shafa Says:

    Ass,aku Dias.aku umurnya 12 thn.Aku pengen pake behel.karna gigi depanku gak rata.Tapi aku takut sakit dan beda nya apa sih behel yang nyambung sama yang gak nyambung?trus behel yang cocok tuk aku apa,makasih sebelumnya

    Jawab eaaa,wss

  128. idha firdha Says:

    ass<nama aku firda umur saya 13 thn .aku pengen pake behel karna gigi aku yg atas ga rata .behel yg nyambung sama gigi aku apa yah ?

  129. farah Says:

    nama aku farah umur ku 13 thnn. mau tanya klo pasang behel tpi gigi geraham nya ada yg mundur ke belakang itu perlu di cabut apa g??

  130. amir Says:

    nama saya no’e umur saya 20thun ..saya mau tanya dund kalo make behel tanpa di cabut gigi gerahamnya bisa kan ,,kira kira behel termurah tapi hasilnya bagus ada gak ????
    terima kasih ,,
    wajib di jawab ya karena saya mau make behel niiii

  131. Adza Says:

    klo mau masang behel di daerah magelang/jogja yang murah dimana ya?
    soalnya gigi aq ga rapi n ga rata.Trus klo perawatannya susah ga?

  132. sabarono Says:

    umur saya 18 th
    saya mau pasang kawat gigi . tpi gigi saya ompong dua bagian samping atas . gimana masih bisa di pasang nggk ,

    tolong bls . thx

  133. tika Says:

    kalau pasang behel didokter,semarang berapa ya?????
    terus dimana???? makasih sebelumnya…

  134. rini Says:

    gigi depan saya patah, apakah klo d’behel akan rata??

  135. sept Says:

    umurku 16th pengen pake behel tp cuma bwt pasang aja gmn? terus aku kan di surabaya daerah surabaya ada gak yang murah?

  136. fran Says:

    saya fran , mw tanya , seandainya kita pakai behel pada umur 23 thn, apakah ada pengaruhnya dan gigi bisa rata, dan bagus, tlong jwb ya, thnks… :)

  137. aulia Says:

    caya pngen mkai behel tp gigi saya kurang bersih jd gigi saya hrus di apain dlu

  138. arief hidayat Says:

    saya mau tanya, gigi saya sebenernya rata tapi renggang-renggang gitu, nah itu bisa dirapetin pakek behel gak? trmksh

  139. atana misyka Says:

    mb,, mau tanya saya atan dri lampung,, masalh pada gigi saya adalah,, berlubang besar,, pokoknya banyak yang berlubang, tapi gak pernah merasakan sakit, terus saya juga ingin pake behel, coz, gigi yang ats saya gingsul udah nongol ke depan, jadi kalo pas bicara keliatan banget bikin saya jelek, terus rahang yang bawah maju banget, jadi keliatan njatem bgd (maju ke depan) bagyan bawah, yg saya tanyain,, adagak,, behel harga di bawah 3,5 juta murah tapi berkualitas,, terimakasih


Tinggalkan Jawapan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Tukar )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Tukar )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Tukar )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Tukar )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: